Bagaimana Cara Kerja Ingatan ?

Pengkodean  adalah saat dimana otak menerima informasi dari luar, Penyimpanan adalah disaat otak menyimpan informasi yang diterimanya, dan Pengambilan  adalah keadaan dimana otak akan menemukan informasi dari tempat penyimpanan saat kita memerlukannya.

Dalam berbagai situasi kita memiliki berbagai penyimpanan otak yang berbeda-beda. Ingatan jarak pendek menyaring informasi yang tidak relevan dan menyimpan ingotmasi cukup lama, misalnya nomer telpon. Ingatan jangka panjang adalah tempat penyimpanan ingatan yang sangat terorganisir dan tahan lama. Dalam tempat ini ada tempat-tempat penyimpanan yang lebih kecil untuk episode spesifik dalam hidup serta informasi faktual umum. 

Ingatan tentu saja tidak bekerja sendiri, Faktor-faktor seperti Perencanaan, Kosentrasi danOrganisasi  memainkan peran yang sangat penting dalam fungsi ingatan. Pengalaman juga menjadi salah satu faktor yang membuat ingatan jangka panjang tersebut.

Ingatan juga dapat terpengaruh oleh banyak faktor, misalnya umur, jenis kelamin, dan kebahagiaan Anda. Sebenarnya, apapun yang memengaruhi otak juga akan memengaruhi ingatan kita. Jenis makanan, jumlah alkohol yang dikosumsi, frekuensi terbang dan kehamilan juga akan mempengaruhi ingatan kita dengan cara yang berbeda

Refrensi : Memory Booster - http://1kepo.blogspot.com/2013/09/bagaimana-cara-kerja-ingatan.html

-- Semoga Bermanfaat --

1 komentar: