Komponen-Komponen Ekosistem, Apa itu?

Komponen-Kmponen Ekosistem

Ekosistem dapat diartikan sebagai hubungan timbal balik atau interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannnya. Ekosistem merupakan salah satu bidang kajian yang dipalajari dalam cabang biologi yaitu ekologi. Ekosistem memiliki ciri-ciri yang antara lain adalah memiliki sumber energi yang konstan , 
Ekosisem terdiri dari dua komponen utama yaitu komponen biotik dan komponen abiotik

1. Komponen Biotik 
Komponen biotik merupakan suatu ekosistem yang meliputi semua makhluk hidup, baik berupa tumbuhan, hewan, jamur, maupun mikroorganisme lain. Setiap makhluk, hidup dalam ekosistemnya menempatu suatu tempat hidup yang spesifik. 

Tempat hidup yang spesifik tersebut dikenal dengan istilah habitat. setiap makhluk hidup memiliki peran yang khusus didalam habitatnya masing-masing. peran atau cara hidup yang khusus dari setiap makhluk hidup didalam habitatnya ini disebut relung.

2. Komponen Abiotik
Komponen abiotik merupakan komponen penyusun ekosistem yang terdiri dari benda-benda tak hidup, secara terperinci, komponen abiotik merupakan keadaan fisik dan kimia disekitar organisme yang menjadi medium dan substrat untuk menunjan berlangsungnya kehidupan organisme tersebut. 

Komponen-komponen abiotik ini meliputi, suhu, sinar matahari, air. tanah, topografi, iklim , udara, angin dan kelembapan. mineral, kadar garam, keasaman (P) dan garis lintang

Refrensi : 1kepo.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar