Mengenal Kebudayaan

sebagai manusia , kehidupan kita tidak akan pernah lepas dari budaya maupun hasil-hasil budaya. Setiap hari kita akan melihat beranekargam budaya yang bahkan kita gunakan sendiri. 

Namun tidak semua budaya yang tumbuh dalam masyarakat itu sama. Setiap masyarakat memiliki budaya yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan budaya muncul dari akal manusia. Lantas apa yang dimaksud budaya dan budaya lokal? Nah berikut para kepoer simak ya.

1. Pengertian Budaya

             Istilah budaya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari Budhi  yang memiliki arti budi atau akal,. Budaya sendiri sebenarnya bersal dari dua kata, yaitu Budhi dan daya.  Budi yang berarti akal pikiran, Sedangkan daya yang berarti usaha atau ikhtiar. 

              Dalam bahasa inggris budaya disebut Culture  yang sebenarnya berasal dari kata dalam bahasa latin yaitu colere  yang berarti mengolah, mengerjakan, menyuburkan, dan mengembangkan. istilah culture sendiri mengalami perkembangan arti menjadi segala daya dan aktivitas manusia untuk mengolah dan mengubah alam.

2. Budaya Lokal

              Budya lokal adalah gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia yang tumbuh dan berkembang dalam ruang lingkup daerah atau wilayah, misalnya budaya Jawa, Budaya Sunda, buadaya Maluku dan sebagainya.  

                  Letak yang luas menjadikan Indonesia memiliki ratusan suku bangsa dimana masing-masing suku bangsa memiliki adat dan tradisi yang berbeda. Tak hanya itu merekapun memiliki bahasa daerah beserta logatnya masing-masing yang tentunya berbeda antar wilayahnya. Diperkirakan terdapat sekitar 200 sampai 250 bahasa daerah yang ada di Indonesia. 

              Keberagaman budaya lokal di Indonesia diungkapkan oleh Vam Vollenhoven , Menurutnya masyarakt Indonesia dapat dibagi menjadi 19 lingkungan hukum adat. Pendapat ini diperkuat oleh Koentjaraningrat yang menyebutkan ke 19 lingkungan hukum adat sebagai culture area.

3. Budaya Nasional

               Budaya nasional adalah budaya yang terbentuk dari keseluruhan budaya lokal yang berkembang dalam kehidupan masyarakat Indonesia serta merupakan hasil serapan dari anasir-anasir budaya asing atau budaya global.  Sebagaimana budaya lokal, budaya nasional berupa sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia .

Refrensi : 1kepo.blosgpot.com

0 komentar:

Posting Komentar