SANG PENEMU INTERNET - LEONARD KLEINROCK

Leonard Kleinrock adalah seoarang insyinyur dan ilmuan di Amerika Serikat, yang lahir tepati di Ney York City, New York, Amerika Serikat, pada 13 Juni 1934. Beliau disebut sebut sebagai Bapak Internet dikarenakan kontribusinya dalam dunia jaringan. Karyanya yang paling terkenal dan signifikan adalah teori pertukaran paket melalui makalahnya pada tahun 1959 dan pada tahun 1961 tentang pertukaran paket dalam kaitannya dengan paket teknologi. 


Pada tanggal 29 Oktober 1969 ia berhasil menciptakan salah satu penemuan terbesar menjelang abad modern, yaitu Internet yang secara tidak sengaja berhasil memecahkan kode dgital dan menjadikan sebagai paket-aket yang terpisah. Leonard Kleinroc pun adalah salah satu pelopor jaringan komunikasi digital dan membantu membangun ARPANET waktu itu.

Kleinrock lahir pada tanggal 31 Juni 1934 di kota New York, beliau adalah lulusan dari Bronx High School of Science  pada tahun 1959 dan 1963 dan ia menerima gelar Sarjana Teknik Elektro dan ilmu komputer pada tahun 1957 dari City Collage of New York 

Pada tahun 1959 dan 1963 beliau mendapatkan gelar masetr dan doktor dibidang teknik elektro dan ilmu komputer dari Institut Teknologi Massachusetts.  Setelah menyelesaikan pendidian ia kemudian bergabung dengan fakultas di Universitas California di Los Angeles (UCLA), Sekolah Teknik dan Sains Terapan dimana ia bekerja di sana sebagai profesor ilmu komputer.

Penghargaan yang diterima Kleinrock cukup banyak, Kleinrock dipilih untuk menerima penghargaan bergengsi yaitu Nasional of Science , Sebuah kehormatan dimana ilmiah bangsa dari Presiden George W. Bush di Gedung Putih pada tanggal 29 September 2008. Pernah juga mendapatkan penghargaan The 2007 National Medal of Science dalam memberikan kontribusi yang fundamental kepada teori matematika jaringan data modern, dan untuk spesifikasi fungsional switching paket yang merupakan dasar teori internet di era modern ini.

refrensi : http://1kepo.blogspot.com/2013/09/sang-penemu-internet-leonard-kleinrock.html
-- Semoga Bermanfaat --

0 komentar:

Posting Komentar