Struktur Ginjal Manusia

Di dalam tubuh kita ada sepasang ginjal. Kedua gijal tersebut terletak disebelah kiri dan kanan ruas tulang pinggang di dalam rongga perut. Letak ginjal kiri lebih tinggi sedikit dibandingkan letak ginjal sebelah kanan. Ginjal memiliki warna merah keunguan dan bentuknya seperti kacang merah. memiliki berat sekitar 120-150 gram serta dilindungi oleh lapsan lemak yang tebal.

Ginjal ini terdiri atas tiga bagian, diantaranya yaitu kulit ginjal (Korteks), Sumsum ginjal (medula) dan rongga ginjal (Pelvis ginjal). Dimana disetiap ginjal tersusun atas sekitar satu juta unit penyaring kecil yang disebut nefron 

Proses penyaringan darah terjadi pada bagian kulit ginjal. Sedangkan di dalam kulit ginjal terdapat ratusan ribu badan Malpilighi yang terdiri atas Glomerulus (Anyaman pembuluh darah kapiler) dan Kapsul Boeman. Glomerulus ini dikelilingi oleh kapsul bowman yang bentuknya seperti cawan dan berdinding ganda.

Sumsum ginjal merupakan tempat berkumpulnya pembuluh-pembuluh halus dari kapsul bowman. Pembuluh-pembuluh halus tersebut mengalirkan urin ke saluran yang lebih besar dan bermuara di rongga ginjal. Selanjutnya, urin akan dialirkan melalui saluran ginjal (ureter) dan ditampung dalam kancong kencing (kantong kemih).

Jika kantong kemih banyak mengandung urin, dinding kantong akan tertekan sehingga otot melingkar pada pangkal kantong merenggang. Akibat merenggangnya otot melingkar tersebut, akan timbul rasa ingin buang air kecil. Selanjutnya, urin akan dikeluarkan melalui saluran kemih (uretra)

Refrensi : http://1kepo.blogspot.com/2013/10/struktur-ginjal-manusia.html
-- Semoga Bermanfaat --

0 komentar:

Posting Komentar